Kamis, Mei 23, 2024
spot_img
BerandaNewsJabarBey Machmudin Minta PVMBG Segera Asesmen Lokasi Bencana Tanah Bergerak di Cianjur

Bey Machmudin Minta PVMBG Segera Asesmen Lokasi Bencana Tanah Bergerak di Cianjur

KATATIVI.COM, BANDUNG: PJ. Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin, menginstruksikan Badan Geologi, PVMBG, dan Pemerintah Kabupaten Cianjur untuk segera melakukan asesmen lokasi kejadian tanah bergerak di Kampung Sukajadi, Desa Jatisari, Kecamatan Bojongpicung, Kabupaten Cianjur.

Bey menyampaikan permintaan tersebut usai mengunjungi langsung lokasi tanah bergerak di Jatisari, yang telah mengakibatkan 65 kepala keluarga mengungsi.

BACA JUGA : Wapres Buka Rakornas Penanggulangan Bencana 2024

“Saya telah meminta Kepala PVMBG, Hendra Gunawan, untuk segera menerjunkan tim asesmen ke lokasi. Kita perlu menilai apakah lokasi ini masuk dalam zona merah dan apakah perlu dilakukan relokasi. Masyarakat perlu diberi kepastian mengenai masa depan mereka,” ujar Bey Machmudin pada Senin (29/4/2024).

Bey menegaskan bahwa keselamatan warga harus menjadi prioritas utama, dan pihak Bupati Cianjur dan timnya harus segera memberikan kepastian terkait relokasi.

“Pemerintah harus bertindak cepat. Kita tidak boleh membiarkan warga tinggal di tempat yang berbahaya terlalu lama,” tambahnya.

PVMBG, Badan Geologi, BMKG, dan BPBD Cianjur diminta untuk segera melakukan asesmen karena menurut penilaian Bey, relokasi masyarakat terdampak harus dilakukan sesegera mungkin.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah menyiapkan fasilitas dapur umum dan kebutuhan lainnya untuk warga pengungsi. Meskipun pembangunan rumah di lokasi relokasi membutuhkan waktu, upaya maksimal akan dilakukan untuk mempercepat proses tersebut.

Bey Machmudin mengunjungi lokasi tanah bergerak dan berdialog dengan warga, didampingi oleh Camat Bojong Picung, Azis Muslim, dan stafnya. Meskipun kejadian tanah bergerak telah terjadi sejak Kamis (25/4) malam, baru pihaknya yang mengunjungi lokasi hingga saat ini.

Camat Bojong Picung, Azis Muslim, menyatakan harapannya agar kedatangan Pj Gubernur Jabar bisa mempercepat upaya tim dari Badan Geologi dan PVMBG dalam melakukan kajian dan analisis.

“Kami berharap ada analisis dan kajian yang cepat agar kami dapat memberikan informasi kepada masyarakat. Jika relokasi diperlukan, kami akan segera mencari lahan pengganti,” ujarnya.

Pihaknya juga telah mendirikan dapur umum di balai desa Jatisari sesuai perintah Pj Gubernur, untuk memberikan bantuan kepada warga yang terdampak.(Rul/PR)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments