Kamis, Mei 23, 2024
spot_img
BerandaNewsDigital PR Tel-U dan Pemkot Bandung Jalin Kolaborasi Untuk Jawab Tantangan Komunikasi...

Digital PR Tel-U dan Pemkot Bandung Jalin Kolaborasi Untuk Jawab Tantangan Komunikasi Digital

Bandung, Erasumbu.com,- Program Studi Digital Public Relations (DPR) Telkom University dan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menjalin kolaborasi pentahelix untuk menjawab tantangan komunikasi digital di era ini. Kolaborasi tersebut salah satunya dikemas melalui Kuliah Umum PR Practitioner’s Talk V2 menghadirkan kedua belah pihak sebagai pembicara di Aula Fakultas Komunikasi Bisnis (FKB) Telkom University, Selasa (10/1/2023).

Dekan FKB Ade Irma Susanty, Ph.D., mengungkapkan bahwa kolaborasi pentahelix sangat dibutuhkan dalam perkembangan zaman menghadapi tantangan komunikasi digital. Kolaborasi pentahelix adalah sebuah konsep yang fokus pada pengembangan entrepreneurship, academician, business, community, government dan media.

“Tantangan komunikasi ke depan akan semakin rumit manakala kita tidak mempersiapkannya sejak dini. Karena itu, melalui kolaborasi berbagai kalangan mulai dari akademisi, pemerintahan, pengusaha, dan lainnya sangat dibutuhkan guna menjawab tantangan tersebut,” tutur Ade dalam sambutannya.

Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bandung, Darto, mendukung adanya kolaborasi pentahelix yang diharapkan mampu mencetak generasi berkualitas dengan harapan terbentuknya masyarakat yang kritis dalam berkomunikasi.

“Jangan melihat pihak lain sebagai ancaman tapi sebagai peluang,” ucapnya.

Menurut Darto, peluang dari kolaborasi ini mampu menciptakan hasil dan solusi yang jauh lebih matang dengan melibatkan lintas sektor untuk bersinergi. Dalam penerapannya, komunikasi menjadi kunci dalam berkolaborasi. Kolaborasi ini menjadikan kalangan akademi sebagai wadah riset dan inovasi dengan data hingga fasilitasi oleh pemerintah.

“Pemerintah tidak bisa sendiri. Kami perlu kolaborasi. Jadikan pemerintah sebagai lab. Kami pun membuka lowongan magang yang dapat dimanfaatkan mahasiswa,” kata Darto. Pihaknya berharap penerapan konsep kolaborasi tersebut bisa membentuk generasi unggul yang mampu berperan penting dalam memberikan dampak positif yang besar bagi bersama.

Sementara itu, hadir memberikan materi dalam Kuliah Umum Kuliah Umum PR Practitioner’s Talk V2 tersebut Kepala Diskominfo Kota Bandung Yayan Ahmad Brilyana yang diwakilkan oleh Sekretaris Diskominfo Darto; Ketua Program Studi Digital Public Relations Dr. Tita Melia Milyane; Team Teaching Mata Kuliah Digital Public Relations Dr. Martha Tri Lestari & Hadi Purnama M.Si.,; dan dimoderatori oleh Dama Satriand M.I.Kom.

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments