Selasa, Juli 16, 2024
spot_img
BerandaNewsJabarKKJ dan PKJB Dibuka, Sekda Herman Harapkan UMKM Naik Kelas

KKJ dan PKJB Dibuka, Sekda Herman Harapkan UMKM Naik Kelas

KATATIVI.COM, KOTA BANDUNG — Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Herman Suryatman menghadiri seremoni pembukaan Karya Kreatif Jawa Barat dan Pekan Kerajinan Jawa Barat (KKJ-PKJB) di Trans Convention Center, Kota Bandung, Jumat (28/6/2024).

Kegiatan yang rutin dilaksanakan tahunan ini sudah berlangsung enam tahun untuk Karya Kreatif Jawa Barat, sementara Pekan Kerajinan Jawa Barat sudah memasuki tahun ke-17.

Turut hadir Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Pada kesempatan itu Herman Suryatman mengemukakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan derajat UMKM agar naik kelas sekaligus sebagai Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia.

BACA JUGA: Pemprov Jabar Galakan Ekonomi Kreatif Melalui Smiling West Java Academy

“Mudah-mudahan kita akan sempurnakan. Tahun depan menjadi satu kegiatan yang terintegrasi, yang ending -nya adalah bagaimana kita gas pol meningkatkan derajat UMKM agar naik kelas,” kata Herman dalam sambutan.

Ia mengungkapkan pula UMKM di Jabar harus menjadi yang termaju di tingkat nasional.

“Kegiatan ini Pak Menteri, kami dedikasikan untuk meningkatkan kapabilitas dan kapasitas UMKM. Mudah-mudahan dampaknya dapat meningkatkan kebanggaan kita terhadap buatan Indonesia, juga bangga berwisata di Indonesia, khususnya di Jawa Barat,” ujar Herman.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengapresiasi dan bangga melihat kolaborasi apik dari Pemda Provinsi Jabar dengan stakeholders dalam menyelenggarakan kegiatan.

Menurut Zulkifli, kolaborasi merupakan kata kunci untuk mencapai tujuan menyejahterakan masyarakat.

“Saya bangga dan senang, ini contoh kerja sama. BI secara konsisten terus menerus mendukung, mengembangkan, membantu pembiayaan, mempromosikan UMKM kita, juga pemerintah daerah, ini luar biasa,” ungkap Zulkifli.

“Itulah kata kunci, memang kita harus kerja sama. Kolaborasi seluruh pihak, pemda, perbankan, pemerintah pusat, tentu teman-teman DPR,” imbuhnya.

Di akhir acara, pelaku UMKM terbaik mendapatkan Token Of Appreciation yang diberikan oleh Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan. Penghargaan QRIS Jelajah Indonesia tersebut diberikan kepada:

1. Project Owner Investment Challenge yang mendukung UMKM dibidang ketahanan pangan yang diwakili dari perwakilan Kabupaten Ciamis.

2. Pelaku UMKM kerja sama antar daerah di bidang ketahanan pangan, diwakili Toko Daya Cabai, Kabupaten Pangkal Pinang.

3. Kick Off QRIS Jelajah Indonesia untuk mendukung Digitalisasi UMKM yang diwakili oleh pejuang QRIS Jawa Barat.

4. Pelaku UMKM ekspor yang diwakili kluster kopi Wanoja Kabupaten Bandung

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments