Minggu, Juli 14, 2024
spot_img
BerandaNewsJabarSekda Jabar Herman Suryatman Bertemu Pj. Bupati Bogor Bahas Percepatan Operasional TPPAS...

Sekda Jabar Herman Suryatman Bertemu Pj. Bupati Bogor Bahas Percepatan Operasional TPPAS Lulut Nambo

KATATIVI.COM, KABUPATEN BOGOR: Percepatan operasional Tempat Pembuangan Persampahan Akhir (TPPAS) Lulut Nambo menjadi fokus utama dalam pertemuan antara Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Barat, Herman Suryatman, dan Penjabat (Pj) Bupati Bogor, Asmawa Tosepu, pada Kamis, (9/5/ 2024). Dalam pertemuan tersebut, keduanya membahas langkah-langkah konkret untuk menangani masalah sampah yang melanda wilayah regional Bogor – Depok – Tangerang Selatan.

Herman Suryatman menyatakan bahwa percepatan operasional TPPAS Lulut Nambo sangatlah penting mengingat wilayah tersebut akan melayani empat wilayah lintas provinsi, termasuk Kota/Kabupaten Bogor, Kota Depok (Jawa Barat), dan Kota Tangerang Selatan (Banten). “Provinsi akan konsisten mengawal, namun dukungan dari kabupaten/kota, khususnya Kabupaten Bogor, sangatlah dibutuhkan,” ujar Herman.

Kesepakatan untuk menyelesaikan persoalan di lapangan telah dicapai antara Sekda Jabar dan Pj. Bupati Bogor. Sabtu mendatang, tim dari Provinsi dan Kabupaten bersama pihak ketiga akan melakukan sosialisasi guna memastikan masyarakat memahami kondisi di lapangan.

BACA JUGA: Sekda Segera Tangani Dampak Ledakan Gudang Amunisi di Bogor

Herman juga mengingatkan bahwa setiap program dan kebijakan tidaklah sempurna, namun Pemdaprov Jabar tetap terbuka terhadap kritik dan aspirasi masyarakat. “Kami menyadari bahwa persoalan sampah di wilayah Bogor – Depok – Tangerang Selatan sudah sangat mendesak. Oleh karena itu, operasional TPPAS Lulut Nambo sebagai solusi terkini dan modern tidak boleh lagi tertunda,” katanya.

TPPAS Lulut Nambo, yang terletak di Kecamatan Klapanunggal, Kabupaten Bogor, memiliki luas 55 hektare dan mampu memisahkan sampah menjadi kompos, biomasa, dan RDF (refuse derived fuel). Sampah yang diolah menjadi RDF akan diambil oleh PT Indocement selaku offtaker.

Herman menegaskan bahwa upaya untuk menyelesaikan masalah ini akan dilakukan secara paralel, dengan rencana untuk melakukan uji coba minggu depan. Dia juga menyoroti pentingnya penyelesaian status jalan menuju TPPAS Legoknangka, yang menjadi perhatian bersama.

Meskipun mengakui bahwa setiap langkah tidaklah tanpa kendala, Herman menyatakan bahwa yang paling penting adalah memiliki niat baik untuk mempercepat operasional TPPAS Lulut Nambo. Pihak Provinsi Jawa Barat siap berdialog dengan semua pihak terkait untuk mencari solusi atas setiap kendala yang muncul.

Pertemuan antara Sekda Jabar Herman Suryatman dan Pj. Bupati Bogor Asmawa Tosepu menunjukkan komitmen kuat dari kedua belah pihak dalam menangani permasalahan sampah yang telah menjadi masalah serius bagi wilayah Bogor – Depok – Tangerang Selatan. Semoga langkah-langkah yang diambil dapat memberikan solusi yang berkelanjutan bagi masalah sampah di wilayah tersebut.

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments