Selasa, Juli 16, 2024
spot_img
BerandaNewsJabarSMK Jabar: Menuju Lulusan Siap Kerja dengan Teaching Factory Matang

SMK Jabar: Menuju Lulusan Siap Kerja dengan Teaching Factory Matang

KATATIVI.COM, BANDUNG – Kabar gembira bagi lulusan SMK di Jawa Barat! Sekda Jabar, Herman Suryatman, optimis bahwa angka pengangguran di kalangan lulusan SMK akan terus menurun. Kuncinya? Konsep teaching factory yang dimatangkan dan dipertajam!

Dalam rapat Optimalisasi Penyerapan Tenaga Kerja, Rabu, 12 Juni 2024 , Herman mengungkapkan bahwa data BPS menunjukkan penurunan angka pengangguran di Jabar sebesar 217.000 orang per Februari 2024 dibandingkan Februari 2023. Namun, lulusan SMK masih menempati posisi teratas sebagai penyumbang pengangguran tertinggi.

“Ini menjadi perhatian utama,” tegas Herman. “Kita perlu mematangkan konsep teaching factory agar link and match dengan industri berjalan optimal.”

BACA JUGA: Bey Machmudin: Teknologi Tepat Guna Diciptakan untuk Jadi Solusi Keseharian

Herman menekankan pentingnya kolaborasi antara Dinas Pendidikan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, serta Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) untuk menajamkan teaching factory SMK.

“Peta industri di Jabar harus menjadi acuan utama, termasuk kebutuhan tenaga kerja di dua Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Rebana dan Lido,” jelas Herman.

Dukungan penuh juga diberikan melalui Kurikulum Merdeka Belajar. “Konsep _teaching factory_ di SMK akan semakin mudah diimplementasikan,” ujar Herman.

Kepala DPMPTSP Jabar, Nining Yuliastiani, menambahkan bahwa Jabar siap menjadi destinasi investasi padat karya dan high-tech. “Kualitas SDM menjadi kunci utama,” tegasnya.

Nining menegaskan bahwa para investor terbuka untuk lulusan SMA/SMK asalkan memiliki kualifikasi yang sesuai dengan kebutuhan industri dan kompetensi yang mumpuni.

“Pesan saya, persiapkan diri dengan baik,” kata Nining kepada para lulusan SMK. “Belajarlah dengan tekun, ikuti pelatihan, dan manfaatkan teaching factory untuk meningkatkan kompetensi. Masa depan cerah menanti!”

Mari bersama kita dukung langkah Pemprov Jabar dalam menyiapkan lulusan SMK yang siap kerja dan berdaya saing di era industri 4.0!

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments