Selasa, Juli 16, 2024
spot_img
BerandaNewsJabarSungai Citarum Kembali Tersumbat Sampah: Bey Machmudin Turun Tangan!

Sungai Citarum Kembali Tersumbat Sampah: Bey Machmudin Turun Tangan!

KATATIVI. COM, KBB  – Sungai Citarum kembali dilanda darurat sampah. Kali ini, tumpukan sampah menggunung di bawah Jembatan Babakan Sapaan, Batujajar, Bandung Barat, mengancam mencemari aliran sungai vital Jawa Barat.

Menanggapi situasi ini, Penjabat Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin, langsung bergerak cepat. Bersama Satgas Citarum Harum, BBWS Sungai Citarum, dan masyarakat sekitar, mereka bahu membahu membersihkan sampah yang hampir menutupi permukaan air.

“Ini masalah bersama, dan kita harus tanggap cepat,” tegas Bey Machmudin di lokasi kejadian.

BACA JUGA: Jabar Fokus Lahan Kritis dan Penegakan Hukum pada 10 Bulan ke Depan

Operasi pembersihan ini diprediksi memakan waktu 5 hingga 7 hari, mengingat banyaknya sampah yang menumpuk. Untuk mempercepat proses, Bey berjanji akan menambah alat berat di lokasi.

“Sampahnya luar biasa banyak, jadi kita targetkan selesai dalam 5 sampai 7 hari. Alat berat akan ditambah agar pengerukannya lebih cepat,” tuturnya.

Bey mengungkapkan, penumpukan sampah ini disebabkan oleh dua faktor utama: kurangnya kesadaran masyarakat dalam membuang sampah dan kondisi permukaan air sungai yang turun, membawa sedimen bersama sampah.

“Warga harus lebih disiplin dalam membuang sampah. Jangan buang sampah sembarangan, apalagi ke sungai. Lihat ini akibatnya kalau tidak disiplin,” tegas Bey.

Diketahui, sampah yang menumpuk ini berasal dari Kota Bandung, Kota Cimahi, dan Kabupaten Bandung. Penumpukan ini sudah terjadi sejak Jumat (7/6/2024).

Meski dihadapkan pada situasi ini, Bey tetap optimistis. Ia yakin bahwa target indeks kualitas air Citarum mencapai 60 pada Desember 2025 dapat tercapai.

“Kuncinya adalah kolaborasi dan kedisiplinan. Kita berusaha keras, tapi harus dibantu oleh kesadaran dan kedisiplinan masyarakat dalam menjaga lingkungan,” pungkasnya.

Mari bersama kita jaga kebersihan Sungai Citarum. Buanglah sampah pada tempatnya dan dukung upaya pemerintah dalam merevitalisasi sungai terpanjang di Jawa Barat ini.

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments