Senin, Mei 27, 2024
spot_img
BerandaRistekTim FEB Tel-U Bekali Wali Siswa SD Pintar Motivasi Anak soal Gadget

Tim FEB Tel-U Bekali Wali Siswa SD Pintar Motivasi Anak soal Gadget

KATATIVI.COM: Gadget atau gawai merupakan alat yang saat ini tidak dapat terlepas dari kehidupan kita termasuk anak-anak. Banyak anak-anak di bangku sekolah menghabiskan waktu mereka dengan bermain games atau melihat-lihat foto/video di sosial media. Apalagi pada saat masa liburan, dimana mereka tidak ada tugas sekolah atau kegiatan rutinitas lainnya. Karena itu, orang tua dan guru memiliki peran penting dalam membantu menyiapkan anak-anak agar lebih siap menghadapi sekolah.

Tim Pengabdian pada Masyarakat (Abdimas) Telkom University (Tel-U) memberikan edukasi bijak penggunaan gadget pada anak yang disampaikan kepada orang tua/wali siswa SD Pintar di Jalan Abadi IV Nomor 1, Gegerkalong, Kecamatan Sukasari, Kota Bandung, Sabtu (15 Juli 2023). Kegiatan ini dilakukan oleh para dosen Program Studi Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika (MBTI) Fakultas Ekonomi dan Bisnis, yaitu Dr. Fetty Poerwita Sary, Indira Rachmawati, PhD, dan Dr. Nidya Dudija, serta seorang mahasiswa, Saskia Putri Surya.

Libur panjang yang baru saja berakhir menandai mulainya awal tahun ajaran baru 2023/ 2024. Setelah liburan panjang yang mungkin lebih santai kemudian kembali ke rutinitas sekolah dapat menjadi suatu hal yang berat di awal bagi anak-anak.

“Sebagai orang tua kita perlu membantu menyiapkan anak-anak agar mereka lebih siap menghadapi sekolah. Motivasi merupakan hal penting dalam menyiapkan anak ketika akan mulai kembali ke sekolah. Sebagai orang tua kita perlu mengetahui apa yang menjadi sumber motivasi anak,” ujar Nidya usai memberikan materi kepada para orang tua siswa.

Orang tua, lanjut Nidya, harus bisa mengajarkan kepada anak-anak tentang pentingnya manajemen waktu dalam mengerjakan tugas sekolah serta kegiatan lainnya dimana keterampilan ini akan sangat bermanfaat dalam kehidupan anak-anak.

“Di era disrupsi teknologi yang semakin canggih, orang tua diharapkan untuk dapat bijak dalam mengingatkan dan membekali penggunaan gawai yang benar sehingga anak-anak tidak terjebak dengan gawainya. Harus tetap diingat apa yang menjadi motivasi dan tujuan yang ingin dicapai dalam kehidupan anak-anak, sehingga mereka dapat menjadi individu yang lebih baik di masa depan,” tutur Nidya.

Kegiatan abdimas kali ini dilakukan secara tatap muka langsung dengan orang tua/ wali siswa dengan narasumber Dr. Nidya Dudija dan dimoderatori oleh Indira Rachmawati, PhD. Pada penyuluhan ini, para orang tua/wali belajar mengenai konsep motivasi, jenis-jenis motivasi, dan bagaimana tips membangkitkan motivasi belajar pasca-libur panjang.

Penyuluhan ini diikuti oleh sedikitnya 55 peserta orangtua/wali dan guru SD Pintar. Kegiatan dibuka oleh Kepala Sekolah SD Pintar Rini Ramdhany, SPd. Para peserta yang mengikuti kegiatan ini mendapatkan fasilitas berupa materi, snack serta doorprize bagi peserta yang aktif.

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments